Anggota Bawaslu Sulsel Harap Keterlibatan Masyarakat Dalam Pengawasan Pemilu Tahun 2024

oleh -

PALOPO, Nadinewsonline.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu Kepada Masyarakat.

Diselenggarakan di Hotel Beach Kota Palopo, Kamis (12/10/2023).

Dalam agenda tersebut, Koodinator Divisi Pencegahan dan Parmas Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad menyebutkan, masyarakat adalah mitra strategis Bawaslu dalam pelaksanaan pengawasan Pemilu.

“Salah satu kunci penting dalam pelaksanaan Pemilihan Umum yang Luber dan Jurdil diantaranya adalah tingginya keterlibatan masyarakat untuk aktif, kritis dan rasional dalam menyuarakan kepentingan politiknya,” ucap Saiful.

“Partisipasi masyarakat dalam Pemilu sama pentingnya dengan upaya memperdalam kesadaran demokrasi ditingkat masyarakat secara luas,” terangnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini tidak hanya dijadikan sebagai agenda seremonial semata, namun juga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pola pencegahan dan pengawasan dilingkup masyarakat.

“Jika prasyarat standar demokrasi adalah terlaksananya Pemilihan Umum, maka partisipasi adalah salah satu indikator kualitas demokrasi tersebut,” kuncinya dengan nada tegas.(*)