Serap Aspirasi Di Wilayah Terpencil Luwu Utara, Anggota DPRD Muh. Azhal Arifin Akan Anggarkan PLTS Untuk Puskesmas Seko

oleh -

Nadinewsonline.com Luwu Utara – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Utara menggelar Reses masa sidang II Tahun 2023-2024 dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat di kecamatan seko kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan Kamis (02/02/2022).

Kegiatan yang berlangsung di aula Rasang Pukobuang Seko yang merupakan tempat musyawarah masyarakat seko tersebut dibuka oleh  Camat Seko, Akbal Ali S.Sos dan dihadiri beberpa tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh adat, babinsa, kepala puskesmas, BPP dan Pemerintah Desa se-Kecamatan Seko.

Suasana Reses DPRD Luwu Utara Masa Sidang II Tahun 2023-2024 Dalam Rangka Menyerap Aspirasi Masyarakat Kecamatan Seko

Dalam Sambutannya, Akbal Ali S.Sos mengucapkan ungkapan terima kasih kepada anggota DPRD yang menyempatkan hadir untuk menyerap aspirasi masyarakat seko sekaligus menghimbau peserta reses agar tidak jenuh untuk menyampaikan usulan atau keluh kesahnya kepada para anggota DPRD.

“Mewakili masyarakat seko saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada bapak H.Muh. Azhal Arifin dan Bapak Paulus Palino S.T yang berkunjung ke wilayah kami untuk menyerap aspirasi masyarakat seko, ini merupakan wujud kecintaan kepada masyarakat seko hingga bapak anggota DPRD hadir ditengah-tengah masyarakat kami, terutama bapak H.Azhal Arifin yang rela menempuh jalur darat di musim hujan ini untuk turut merasakan keresahan masyarakat kami “. Ujar Akbal Ali S.Sos selaku Camat Seko.

Sementara itu, H.Muh. Azhal Arifin mengungkapkan bahwa perjalanan reses kali ini merupakan pengalaman yang sangat berharga yang pernah dialaminya selama berkunjung ke Kecamatan Seko.

“Alhamdulillah, sudah hampir 10 kali saya berkunjung ke seko melalui jalur darat dan kali ini merupakan pengalaman berharga yang saya alami, dimana motor yang saya kendarai harus saya tinggalkan di tengah perjalanan karena mengalami kerusakan hingga saya memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke lambiri dengan jalan kaki pada malam hari, untungnya ada beberapa pengendara ojek yang mengalami hal serupa sehingga suasananya menjadi seru.” Ungkap Politisi Partai Golkar Dapil IV Muh. Azhal Arifin.

Sambung, Dirinya yang juga merupakan Ketua Komisi II DPRD Luwu utara itu menjelaskan bahwa ada 3 point usulan masyarakat seko yang menjadi skala prioritas pada reses kali ini, yakni perbaikan jalan ruas sabbang tallang sae, pengadaan PLTS di Puskesmas Seko dan pengadaan jaringan irigasi persawahan.

“Setelah merangkumkan aspirasi masyarakat seko, ada 3 usulan yang menjadi skala prioritas yang dapat kami simpulkan. Pertama, perbaikan ruas jalan sabbang tallang sae tepatnya jalur kakea-lambiri yang di keluhkan hampir semua peserta reses, karena nilai jual hasil pertanian masyarakat selama ini tergolong murah akibat akses jalan yang kurang baik dan sesegera mungkin akan kami konsultasikan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk tindak lanjut agar bisa dilakukan percepatan sekaitan penangannya.

Selanjutnya pada bidang kesehatan, Kapus Kecamatan Seko, Yan Sudirman mengusulkan untuk pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) pada Puskesmas Seko, berhubung karena genset yang dipergunakan sebagai pemasok listrik di puskesmas selain mengeluarkan bunyi berisik, juga sering mengalami kerusakan sehingga kerap ada pasien yang sedang dipasangi oksigen merasa terganggu karena kerusakan pada Genset. Maka karena ini merupakan hajat hidup orang banyak, Insha Allah tahun ini saya anggarkan dalam dana aspirasi saya.

Terakhir, permintaan para petani yakni pengadaan jaringa irigasi air menuju persawahan masyarakat, dikarenakan masyarakat seko dominan memiliki persawahan tadah hujan, jadi hasil pertaniannya kurang maksimal, sehingga kedepan akan kami komunikasikan kepada instansi terkait agar dijadikan skala prioritas. Tutupnya.