Tema HUT XXIV Luwu Utara, Erat Kaitannya dengan Pemulihan Pasca Bencana dan Pandemi COVID-19

oleh -

LUWU UTARA, Nadinewsonline.com – Masih ingat tema HUT XXIII Kabupaten Luwu Utara “Sikarai Siporai” yang sempat menjadi perbincangan hangat warganet pada tahun 2022 lalu.

Tema yang bernuansa kearifan lokal dengan frasa khas Tana Luwu ini, kini tinggal menjadi sebuah cerita unik di masa-masa yang akan datang.

Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara kembali memperingati hari jadinya yang ke-24, tepat pada Kamis, 27 April 2023 kemarin.

Tema HUT XXIV Kabupaten Luwu Utara yang diangkat pun berbeda dari sebelumnya, yakni “Ekonomi Pulih, Bangkit Lebih Tangguh”.

Sekaitan dengan hal tersebut, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengatakan bahwa tema ini, masih erat kaitannya dengan upaya Pemerintah Kabupaten Luwu Utara untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi usai Luwu Utara diterpa dua bencana sekaligus, yakni bencana banjir bandang dan pandemi COVID-19.

Pemulihan dan kebangkitan ekonomi pasca banjir bandang dan pandemi, kini memperlihatkan tren peningkatan yang signifikan yakni 4,54% di 2022. Padahal, di 2020 sempat terkontraksi -0,59%. Laju pertumbuhan ekonomi yang on the track ini, tidak terlepas dari hidupnya kembali usaha sektor transportasi dan konstruksi.

Pertumbuhan ekonomi di Luwu Utara, tetap bertumpu pada sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Dimana sektor ini, memberi sumbangsih terbesar yakni 49,97%. Jadi, tak salah ketika tema yang diangkat berkaitan dengan pemulihan ekonomi.

“Tema HUT Luwu Utara yakni ekonomi pulih, bangkit lebih tangguh, ini tentu masih sangat erat kaitannya dengan upaya kita dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19 dan bencana banjir bandang,” jelas Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, baru-baru ini di Masamba.

Bupati dua periode ini, juga mengajak segenap masyarakat dan seluruh stakeholder untuk senantiasa membangun sinergitas dan kolaborasi agar apa yang dicita-citakan bisa terwujud. “Kita wajib bangkit dengan cara membangun kerja sama dan rasa kepedulian,” tuturnya.

Diketahui, puncak peringatan HUT XXIV Kabupaten Luwu Utara ini, digelar melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Luwu Utara di Gedung DPRD Luwu Utara, pada Kamis, 27 April 2023 kemarin.