Perdana ke Rongkong, Kapolres AKBP Husni Disambut Prosesi Adat Massolo’

oleh -

LUWU UTARA, Nadinewsonline.com – Memasuki minggu kedua menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Luwu Utara, AKBP Muh. Husni Ramli langsung menjajal wilayah pegunungan untuk memantau situasi Kamtibmas yang masuk dalam wilayah hukumnya.

Dengan menggunakan kendaraan roda 2, Kecamatan Rongkong menjadi wilayah pegunungan pertama yang ia tuju di pekan kedua pasca dilantik sebagai Kapolres Luwu Utara, Minggu (28/01/2024).

Tradisi massolo’ dengan disertai seekor ayam jantan putih, beras dan 3 telur ayam kampung menyambut kedatangan mantan Kasat Reskrim Polresta Pontianak di kecamatan berjuluk Tana Masakke itu.

Pengalungan kain tenun khas Rongkong mengawali rangkaian prosesi Massolo’ yang di pimpin oleh Tetua Adat yang disaksikan camat rongkong dan kepala desa.

“Prosesi adat dilakukan untuk menjemput para pembesar yang datang ke Tanah Rongkong. Tapi pada intinya, prosesi ini dilakukan untuk menyampaikan doa kepada sang pencipta agar bapak senantiasa dilindungi, diberikan kesehatan serta malu menghadapi setiap masalah dan sesuatu yang membuat masyarakat resah,” ucap Tetua Adat Rongkong saat menyampaikan makna massolo’ dihadapan Kapolres Luwu Utara.

“Ayam jantan itu diberi diharapkan pemerintah itu seperti dimana ayam jantan yang berkokok disitulah pemerintah. Putih melambangkan rasa suci dan lapang dada menerima kehadiran bapak kapolres,” sambungnya.

“Banyaknya butiran beras artinya banyaknya masyarakat rongkong yang menyambut bapak dan tiga telur ayam kampung yang artinya pemerintah, adat dan agama yang harus berjalan berdampingan,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres AKBP Husni mengaku terharu dengan sambutan yang diberikan. Menurutnya, kehadiran dirinya di Kecamatan Rongkong sudah menjadi tugas negara untuk memberikan jaminan keamanan dan ketertiban bagi seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukumnya.

“Saya terharu bisa disambut dan diterima seperti ini. Saya juga bisa berada disini karena negara, karena tugas negara bagaimana negara hadir di tengah-tengah masyakarakat,” ungkap AKBP Husni.

“Saya bertugas baru 2 minggu tapi sudah ke Rongkong, tidak lain karena tugas saya terkait kemanan dan ketertiban utamanya menjelang Pemilihan Umum (Pemilu). Kami TNI-polri tujuan kami tidak lain bagaimana mencapai Pemilu damai,” tambahnya.

Kunjungan perdananya di Kecamatan Rongkong tidak hanya melakukan pemantauan situasi Kamtibmas, namun juga menyambangi sejumlah warga sekaligus memberikan bantuan sosial sebagai wujud kepedulian Polri bagi warga khususnya yang berada di wilayah pegunungan.(*)