Kapolda Sulsel Tegaskan Jajarannya Untuk Netral Pada Pemilu 2024

oleh -

SULSEL, Nadinewsonline.com – Ditengah berbagai upaya Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 untuk meraih dukungan dari masyarakat, khususnya yang telah memenuhi syarat dalam memilih, Aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) juga berupaya menjamin seluruh tahapan berjalan dengan lancar.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Setyo Boedi Moempoeni Harso menyampaikan secara tegas bahwa Polri, khususnya Polda Sulsel akan bersikap netral dalam Pemilu 2024, mengingat anggota kepolisian tidak memiliki hak pilih.

Selain itu, Irjen Setyo Boedi juga mengatakan siap menyukseskan Pemilu 2024, memastikan seluruh masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman dan nyaman.

Pernyataan Kapolda Sulsel tersebut, disampaikan saat Apel Pagi di Halaman Mapolda Sulawesi Selatan yang dihadiri Wakapolda Sulsel dan seluruh pejabat utama serta para personel, Senin (20/11/2023).

“Kami berkomitmen berpartisipasi aktif sesuai dengan tugas dan tupoksi kami dalam mengamankan Pemilu 2024 agar bisa berlangsung aman, damai, sejuk, jujur, adil dan berkualitas,” ungkap Irjen Setyo Boedi.

“Netralitas Polri di Pemilu 2024 harga mati, dan kami tidak akan berpihak kepada pihak manapun, saya tegaskan kepada seluruh jajaran untuk tidak main-main dalam hal ini,” tegasnya.

Penekanan netralitas dan independensi seluruh anggota Polri memang sangatlah dibutuhkan, selain untuk mewujudkan Pemilu damai dan aman, juga membangun kepercayaan masyarakat terkait dengan pelayanan yang diberikan.

Kapolda Sulawesi Selatan ini pun juga berharap, dalam menjaga situasi Kamtibmas selama tahapan pemilu 2024, semua pihak juga berperan aktif, baik Peserta Pemilu maupun pendukung dapat menjaga Kamtibmas dengan menjalankan politik sehat dan berintegritas.

“Kita lihat beberapa fenomena di media sosial saat ini, yang meragukan independensi dan netralitas Polisi pada pemilu 2024 sangat meningkat, olehnya itu saya tekankan kepada seluruh personel jajaran agar tidak main-main dalam Pemilu 2024. Konsekuensinya berat jika ada yang kita temukan bermain dan terlibat politik praktis,” tuturnya.

Disela pelaksanaan Apel, Kapolda Irjen Setyo Boedi juga mengapresiasi Biro SDM Polda Sulsel atas kegiatan penanaman 10 Juta Pohon yang minggu lalu berjalan dengan baik dan teratur, digelar secara live se-Indonesia.

“Sebelum mengakhiri arahan saya ini, saya ucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Biro SDM Polda Sulsel sebagai penanggung jawab pelaksanaan 10 juta pohon berjalan dengan lancar dan teratur,” pungkasnya.

“Semoga pohon yang kita tanam dan canamkan terus berkelanjutan dan tentunya dapat dirasakan manfaatnya oleh kita semua khususnya dalam melestarikan alam ini,” tutupnya.